Manfaat Berdiam Diri di Tempat Yang Tenang

Dalam keseharian kita, kebisingan sepertinya sudah menjadi hal yang biasa terjadi, khususnya yang tinggal di perkotaan. Meski terlihat sepele, hal ini bisa berdampak negatif pada kesehatan, lho.

Oleh karenanya, menyempatkan diri untuk mencari tempat yang sepi dan nyaman cukup penting di lakukan. Bukan hanya untuk kesehata mental, kesehatan fisik juga bisa terjaga lho. Mau tau lebih banyak? Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari berdiam diri di keheningan.

Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa di picu dari kebisingan di sekitar. Nah, berdiam diri di tempat yang tenang bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah studi yang rilis pada tahun 2006, melibatkan lebih dari 20 partisipan, menunjukkan jika mendengarkan musik selama 2 menit secara intens bisa menurunkan detak jantung serta tekanan darah.

Menambah Konsentrasi

Manfaat dari keheninang yang kedua adalah menambah konsentrasi.

Di kutip dari studi yang terbit tahun 2021 melakukan pengujian terhadap 59 orang yang bekerja dalam kebisingan, mendegarkan orang berbicara, dan dalam keheningan. Hasilnya, orang-orang yang bekerja dalam keheningan menunjukkan performa yang baik.

Keheningan saat bekerja bisa membantu kamu lebih fokus pada pekerjaan karena tidak harus memikirkan kebisingan. Alhasil, energi dan pikiran kamu terpakai dengan baik.

Membuat Pikiran Lebih Tenang

Salah satu gejala kecemasan adalah pikiran yang keruh atau penuh. Keheningan kerap kali di anggap sebagai pemicu gangguan pikiran. Padahal, dalam keheningan bisa membuat pikirian kamu lebih tenang.

Di lansir dari artikel kesehatan harian, ketenangan dapat mencegah tubuh melepaskan energi yang tidak di butuhkan. Oleh sebab itu, ketenangan mental bisa jadi langkah awal menuju kesadaran penuh dan baik untuk mengatasi gangguan kecemasan. Kita juga akan jadi lebih waspada dengan keadaan di sekitar kita.

Nah, banyak bukan manfaat berdiam diri di tempat yang tenang. Jika pikiran kamu sudah di penuhi banyak masalah, tugas, atau perkerjaan, tidak ada salahnya untuk kamu berjalan ke tempat yang lebih sunyi dan tenang. Dengan begitu, pikiran kamu bisa kembali jernih dan produktif saat menjalankan tugas.

Post Author: admin