Alasan Buah Alpukat Wajib Masuk Menu Makanan Harianmu

Alpukat yang bercitarasa gurih siapa siapa sih yang gak kenal? Buah satu ini cukup populer untuk di konsumsi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Alpukat dapat tumbuh dengan mudah di daerah yang berilkim hangat serta sering di jadikan smoothie, isian dalam roti, topping salad, dan lain sebagainya.

Bukan hanya enak, alpukat juga menyandang gelar sebagai buah yang sehat dan kaya nutrisi. Karena kandungan nutrisi yang melimpah dalam buah alpukat inilah mengapa kamu wajib mengkonsumsi buah ini. Supaya kamu lebih yakin untuk mengkonsumsi buah alpukat, berikut ini ada beberapa alasan yang harus kamu ketahui.

Membantu Penyerapan Nutrisi 

Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menyerap nutrisi dari makanan nabati dengan alami, namun konsumsi buah yang mengandung tinggi lemak seperti alpukat bisa membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik.

Vitamin A, viamin D, vitamin E, vitamin K, dan karotenoid (antioksidan) merupakan nutrisi larut yang ada dalam lemak. Hal ini yang membuat kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi jauh lebih baik ketika mengkonsumsi alpukat.

Sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2005, menyebutkan bahwa menambahkan alpukat atau minyak alpukat pada makanan bisa membantu tubuh menyerap antioksidan 2,5 sampai 14 kali lebih banyak.

Jadi, bisa di simpulakan jika alpukat bukan hanya kaya nutrisi, namun bisa juga meningkatkan nilai gizi dari makanan nabati lain yang di konsumsi.

Menurunkan Resiko Kanker

Meski penelitian mengenai efektifiatas alpukat untuk melawan kanker masih berlanjut, tapi sudah ada bukti jika alpukat memiliki kemampuan untuk mencegah dan mengobati kanker.

Dalam sebuah studi yang terbit pada tahun 2011, menunjukan jika kandungan fitokimia dalam alpukat dapat memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ekstrak fitokimia yang sudah di campur dengan 50 persen metanol dari buah alpukat terbukti ampuh mengurangi efek samping proses kemoterapi.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai alpukat yang kaya nutrisi. Jadi, sebaiknya kamu pertimbangkan lagi manfaat kesehatan yang di tawarkan buah satu ini. Rasa buah ini juga enak, jadi ada baiknya kamu masukan dalam daftar menu makanan kamu hari ini dan seterusnya ya.

Post Author: admin