Tidak Semua Orang Bisa Dengan Mudah Berbagi Masalah Pribadinya

Tidak Semua Orang Bisa Dengan Mudah Berbagi Masalah Pribadinya

Mungkin bagi beberapa orang, urusan mental urusan pikiran adalah hal yang mudah. Yang bisa ditangani sendiri. Dan ada yang merasa itu adalah privasi sehingga tidak ingin dibagi dengan beberapa orang. Atau dengan orang lain. Karena baginya, itu tidak penting dan tidak harus orang lain tahu. Pun kalau orang lain tahu, dia akan berpikir, mereka tidak akan bisa memberikan solusi. Kalaupun mereka memberikan kritik dan saran, dia merasa dia memiliki solusi lebih ampuh. Sehingga dia tidak akan memikirkan apa kata orang.

Tidak Semua Orang Bisa Dengan Mudah Berbagi Masalah Pribadinya

Dan itu adalah sedikit gambaran soal kenapa orang jarang membagi cerita mereka. Jarang membagi apa permasalahan mereka. Meskipun mereka sudah merasa sangat mumet. Mereka sudah merasa sangat penuh. Tapi tidak bisa dikatakan. Karena dia merasa orang tidak bisa mengerti posisinya. Orang tidak mengerti keadaannya. Orang tidak bisa memahami perasaannya. Orang hanya bisa mendengar dan membayangkan. Dan orang pun masih bisa salah mengartikan maksud dari orang tersebut. Atau mereka tidak ingin merepotkan orang lain untuk menambah soal masalah. 

Itu kenapa mereka lebih memilih diam dan tidak ingin banyak bicara soal mereka. Lebih memilih untuk menyimpan masalah mereka sendiri. Dan itu banyak dilakukan oleh orang-orang. Sehingga ada kadang kita lihat beberapa orang bisa sangat penuh sekali. Ada beberapa orang yang terlihat memiliki banyak sekali pikiran. Ya semua karena mereka lebih memilih untuk menyimpan semuanya sendiri. Tapi kita juga tidak bisa berbuat apa-apa. Mau berusaha ekstra pun. Mau mencoba ekstra dalam memberikan pemahaman pun belum tentu mereka bisa menerima dengan baik. 

Dan yang paling tepat adalah ya kita berusaha untuk mengerti keadaanya, kita berusaha untuk memahami apa pilihannya. Kita berusaha untuk menghargai pilihannya. Jangan menuntut dia melakukan beberapa hal. Jangan kita memaksakan untuk mengikuti saran kita. Kita bisa memberikan saran dan masukkan. Tapi kita tidak bisa memaksakan hal tersebut padanya. Jadi diharapkan pengertian saja dari kita. Dan itu sudah sangat cukup membantu. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *