Cintai Diri Sendiri Dulu Baru Kita Bisa Berikan Cinta Kepada Orang Lain

Jangan Menunggu Duka Barulah Kita Sadar Akan Kesalahan Kita

Ada berbagai macam duka di dunia. Duka tidak hanya saat ada yang meninggal. Tapi perasaan duka bisa terjadi di beberapa hal misalnya, saat kita sampai di titik saat kita merasa kita sudah mati rasa. Kita sudah tidak merasakan apa pun, kita tidak merasakan apapun perasaan baik sedih, senang, empati, simpati, semua perasaan itu tidak ada. Itu adalah salah satu saat kita merasa duka. Berduka karena kita sudah tidak bisa merasakan perasaan itu semua. Itu kita berduka. Atau saat seseorang yang kita kenal, dia berubah menjadi orang lain karena habis melalui beberapa masa sulit. 

Jangan Menunggu Duka Barulah Kita Sadar Akan Kesalahan Kita

Ada beberapa hal di hidup ini, ada beberapa momen di hidup ini yang kita bisa merasakan duka. Tidak harus menunggu orang meninggal baru kita berduka. Jadi perasaan duka bisa datang kapan saja. Bisa disaat yang tidak terduga. Jadi kita bisa saja kapan saja merasa berduka. Dan duka itu tidak selamanya datang dari orang terdekat. Bisa saja datang dari saudara yang jauh. Dan saat duka kita akan merasakan beberapa hal. Kita bisa merasakan rasa kehilangan dan penyesalan. Dimana kita menyesal akan banyak waktu yang kita sia-siakan. Kita merasa menyesal karena kita melewatkan banyak momen dengannya. Kita tidak menggunakan waktu kita saat itu dengan baik. 

Dengan benar-benar. Kita tidak menggunakan waktu itu dengan baik. Dan itu yang sangat menyedihkan. Seperti apakah kita harus mengalami kehilangan dulu baru kita bisa menyesal, baru kita merasa ini berharga, baru kita akan menghargai itu, baru kita melihat itu. Baru kita akan terima itu. Mau sampai kapan kita akan terus bersikap seperti itu? Mau sampai kapan kita akan bersikap bodoh amat dan harus merasakan kehilangan dulu baru kita akan melakukan sesuatu perubahan. Baru kita bisa menerima, baru kita bisa mengerti. Dan itu akan berjalan terus menerus. Mau sampai kapan kita akan begitu. Cobalah untuk dari sekarang, sebelum kita kehilangan. Sebelum kita merasa hilang dan melepaskan, kita berubah, kita belajar, kita mengerti. Apa susahnya. Sehingga kita bisa mencegah akan terjadinya sebuah kehilangan itu. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *