Cintai Diri Sendiri Dulu Baru Kita Bisa Berikan Cinta Kepada Orang Lain

Cintai Diri Sendiri Dulu Baru Kita Bisa Berikan Cinta Kepada Orang Lain

Kehidupan memang memiliki banyak sekali kejadian yang luar biasa yang kita sendiri pun tidak bisa memprediksikannya. Dan memiliki banyak hal yang menakjubkan. Banyak surprise yang kita tidak sangka-sangka. Dan meskipun kadang dan sering kali hidup tidak sesuai dengan keinginan kita, tidak berjalan lancar. Tapi kita tetap akan bisa menikmatinya, karena kita akan diperlihatkan sisi lain dari kehidupan. Hidup semata-mata tidak memberikan apa yang kita inginkan, tapi apa yang kita butuhkan. 

Cintai Diri Sendiri Dulu Baru Kita Bisa Berikan Cinta Kepada Orang Lain

Dan pada akhirnya kita juga akan berterima kasih akan apa yang terjadi, walaupun tidak sesuai dengan harapan dan rancangan kita pada awalnya. Tapi kita akan mengerti, dan akan menerimanya, akan menikmatinya. Karena akhirnya kita tahu inilah yang kita butuhkan. Karena tidak selamanya yang kita inginkan akan memberikan yang terbaik bagi kita. Tidak selamanya apa yang kita inginkan adalah yang benar-benar berguna untuk kita. Maka dari itu, kita perlu lebih mengenal diri kita lagi. Kenal apa yang kita butuhkan. Sehingga kita bisa memperlakukan diri kita sebaiknya, layaknya manusia. 

Saat kita bisa tahu apa yang kita butuhkan, apa yang perlu kita lakukan, kita kenal diri kita, maka kita juga bisa melakukan lebih baik lagi. Entah itu kepada diri kita atau kepada orang lain. Sehingga ada pepatah mengatakan, sayangilah dirimu sebelum kita sayangi orang lain. Bagaimana caranya kita bisa sayang orang lain kalau kita sendiri tidak bisa sayang pada diri sendiri. Bagaimana kita bisa memberi pada orang lain, sedangkan untuk diri sendiri saja belum terpenuhi kebutuhan kita. Otomatis kita harus memenuhi dulu kebutuhan kita. 

Sehingga kita bisa memberikan kepada orang lain. Kita bisa lebih tulus memberi, dan membantu orang. Mungkin bisa saja kita memberi, membagi kepada yang lain saat kita sendiri belum terpenuhi banget. Tapi pada akhirnya kita hanya akan memberikan dengan setengah-setengah. Tidak akan menjadi maksimal dan tidak akan tulus. Akan ada pengharapan disitu, akan ada ekspektasi disitu, walaupun kecil sekali. Dan itu tanpa kita sadari. Jadi alangkah baiknya penuhi dulu kebutuhan anda sendiri, cintailah dulu diri anda sendiri, cukupi apa yang harus anda cukupi, baru bagi dengan orang lain. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *