Beberapa Senyawa Aktif Dapat Membantu Meredahkan Jerawat

Mengontrol jerawat bisa jadi sulit, tergantung pada tingkat keparahan kondisi Anda, tetapi itu bukan tidak mungkin. Derms bersumpah dengan beberapa bahan, termasuk asam salisilat, benzoil peroksida dan Adapalene. Meskipun berbeda dalam senyawa kimianya, masing-masing bahan dapat membantu Anda mencapai tujuan perawatan kulit bebas jerawat.

Asam salisilat

“Asam salisilat mengelupas stratum korneum (lapisan luar kulit) dan menembus ke dalam pori-pori untuk menghilangkan sebum,” kata Hadley King, MD, seorang dokter kulit di New York City. Ini membantu mencegah pori-pori tersumbat dan dapat membantu menghilangkan penyumbatan yang sudah terbentuk.”

Asam salisilat adalah asam beta hidroksi, yang berarti eksfoliator kimia.
Menurut King, asam salisilat cukup lembut untuk digunakan oleh jenis kulit sensitif.
“Ini melarutkan ikatan yang menahan sel-sel kulit mati yang kusam di permukaan kulit sehingga kulit akan mengelupas dengan lembut, memperlihatkan kulit yang lebih halus dan cerah di bawahnya,” kata King. Asam salisilat tidak terbatas pada wajah Anda – itu adalah bahan bermanfaat yang ditemukan di sampo kulit kepala kering dan ketombe juga.

Benzoil peroksida

“Benzoil peroksida sangat membantu untuk mengobati jerawat tidak hanya karena membunuh bakteri yang berkontribusi terhadap jerawat, tetapi karena membantu mencegah dan membersihkan pori-pori yang tersumbat,” jelas King.

King menyarankan untuk mencari formula micronized karena menyebabkan iritasi yang lebih sedikit dan memiliki umur simpan yang lebih lama.
Benzoil peroksida dapat memutihkan pakaian dan handuk Anda, jadi sebaiknya gunakan pembersih yang mengandung bahan ini saat mandi.

Adapalen

Retinoid mengatur pergantian sel kulit untuk menjaga pori-pori bebas dari minyak dan peradangan.
Adapalene adalah retinoid OTC pertama, dan tersedia dalam kekuatan 0,1 persen dan 0,3 persen.
Saat berbelanja produk perawatan kulit untuk kulit berjerawat, King menyarankan agar Anda membeli produk non-komedogenik karena tidak akan menyumbat pori-pori. Tam menambahkan bahwa Anda harus membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang lembut dua kali sehari. “Pembersih yang keras dapat menghilangkan terlalu banyak minyak dan dapat memiliki efek sebaliknya, merangsang kelenjar minyak Anda secara berlebihan,” kata Tam. “Ini mungkin membuat Anda merasa baik segera tetapi membuat Anda lebih berminyak dari waktu ke waktu.” Tindak lanjuti pembersihan dengan pelembab non-komedogenik dan tabir surya (di pagi hari), saran Tam.

Saat menggunakan perawatan jerawat seperti benzoil peroksida atau retinoid, Anda hanya perlu sedikit, kira-kira sebesar kacang polong, untuk seluruh wajah Anda, kata Nancy Samolitis, dokter kulit bersertifikat dan salah satu pendiri dan direktur medis Facile Dermatology + Boutique. Karena perawatan ini sangat kuat, Anda harus membatasi aplikasi hanya sekali sehari, saran Samolitis.

Jika produk yang dijual bebas tidak bekerja untuk Anda, pertimbangkan untuk menemui dokter kulit atau dokter umum Anda yang dapat membantu Anda mencari pilihan pengobatan lain, termasuk obat resep. Untuk wanita dewasa, pil KB dengan estrogen dan progesteron dosis rendah sering membantu, kata Melanie Palm, MD, seorang dokter kulit di San Diego.

Post Author: admin