Alasan Khawatir Berlebih Tidak Bagus Bagi Kesehatan

Mengkhawatirkan sesuatu mungkin sudah menjadi hal yang biasa terjadi pada setiap orang. Entah itu mengkhawatirkan teman, pacar, keluarga, bahkan hewan peliharaan yang tidak kita ketahui kondisinya baik atau buruk saat ini.

Meski wajar, rasa khawatir yang berlebihan justru tidak baik. Mondar mandir, perasaan tidak tenang, dan menangis. Jika hal itu sedang kamu alami sekarang, mungkin ulasan kali ini bisa membantu kamu untuk mengerti lebih jauh efek dari rasa khawatir berlebihan di kehidupanmu.

Berpikir Negatif

Kamu bisa bertanya langsung kepada orang yang mengkhawatirkan suatu hal secara berlebih, mengenai apa yang sedang ia pikirkan. Ia pasti akan menjawab kemungkinan terburuk dari apa yang ia khawatirkan saat itu. Orang dengan kekhawatiran yang berlebih akan lebih sering memikirkan kemungkinan terburuk bila terjadi hal yang tidak biasa.

Contohnya, kamu memiliki anak, lalu kamu menunggu anakmu pulang dari sekolah namun tak kunjung sampai. Kamu pasti akan berpikir hal buruk terjadi pada anakmu saat di jalan, jika kekhawatiranmu berlebihan. Padahal, ia hanya mengambil barang yang tertinggal saat sudah sampai setengah perjalanan pulang.

Kurang Tidur

Waktu tidur sering kali di lupakan sebagaian besar orang di dunia. Apalagi bagi orang-orang yang sedang mengkhawatirkan suatu hal secara berlebih. Menunggu kabar atau kepastian hingga larut malam dengan kondisi fisik yang sudah lelah tentu saja tidak baik untuk kesehatan.

Kekuarangan tidur dapat memicu insomnia, yang mana penderita insomnia beresiko lebih tinggi terkena penyakit diabetes, obesitas, hingga stroke dan gangguan mental.

Lupa Diri Sendiri

Selain melupakan tidur, orang dengan rasa khawatir berlebih juga akan melupakan diri mereka sendiri dan kesehatannya. Tidak heran juga jika mereka melewatkan jam makan hanya untuk mendapatkan kabar yang tidak pasti kebenaranya.

Padahal, otak akan di paksa bekerja keras untuk berpikir karena kekhawatiran yang terus menerus terjadi, dan dari makananlah otak bisa mendapatkan energi tersebut.

Itulah beberapa alasan kenapa rasa khawatir yang berlebih tidak bagus. Mengkhawatirkan suatu hal memang tidak di larang, namun kamu harus memikirkan dampaknya bagi kesehatan jika terus menerus terjadi.

Post Author: admin