3 Tanda Kamu Mengkonsumsi Garam Terlalu Banyak, Cepat Di Batasi

Natrium merupakan nutrisi yang penting bagi otot, saraf, dan membantu mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh, jumlah natrium yang di butuhkan oleh tubuh kita juga berbeda setiap harinya. Natrirum yang alami biasanya akan mudah di temukan dalam beberapa makanan sehat, contohnya daging sapi dan susu. Tapi banyak juga orang yang menggunakan garam sebagai sumber natrium tambahan sehari-hari. Sayangnya, tindakan seperti ini terkadang akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan sebab tubuh mendapatkan asupan natirum yang berlebihan.

Kelebihan natrium atau garam  dapat memicu beberapa masalah kesehatan. Berikut ini ada beberapa tanda yang bisa kamu pelajari untuk mengetahui bahwa tubuh kamu sudah mengkonsumsi natrium atau garam berlebihan.

1. Cepat haus

Studi yang di lakukan membuktikan, konsumsi natrium dalam makanan yang berlebihan akan membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan tubuh sehingga mudah haus, sebab natirum yang masuk dalam tubuh akan mengganggu keseimbangan carian yang ada dalam tubuh.

Natirum adalah senyawa yang ada dalam garam. Ketika kamu mengkonsumsi garam terlalu banyak, maka tubuh kamu akan lebih cepat haus dan mengharuskan kamu minum lebih sering. Hal ini adalah cara alami tubuh untuk mengembalikan keseimbangan kadar garam dalam sel tubuh.

2. Tekanan darah tinggi

Para ahli menyebutkan bahwa asupan natrium ideal dalam sehari adalah 1.500 miligram dan tidak boleh melewati 2.300 gram bagi orang dewasa. Sebab, natrium yang berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah meningkat karena menahan banyak cairan tubuh, dan memaksa jantung untuk memompa darah lebih keras.

Untuk itu, saat kamu menemukan tekanan darah kamu meningkat secara tiba-tiba, sebaiknya sesegera mungkin untuk kamu mengurangi konsumsi garam harian kamu.

3. Makanan yang di konsumsi akan terasa hambar

Mengkonsumsi terlalu banyak garam ternyata juga bisa mempengaruhi selera makan orang tersebut. Setelah kamu terbiasa dengan makanan yang tinggi garam dalam jumlah tertentu, secara otomatis selera makan kamu juga akan berubah menjadi kurang berselera saat mengkonsumsi makanan tanpa ada tambahan garam dalam makanan tersebut.

Nah, untuk mengatasi masalah ini tanpa harus membuat makanan yang kamu konsumsi terasa hambar, kamu bisa mencoba untuk menggunakan bahan  masakan lain seperti bumbu dan rempah-rempah sebagai penggantinya.

Post Author: admin