Kebiasaan Masyarakat Indonesia Yang Dianggap Unik Oleh Tourist

Banyak kebiasaan unik masyarakat Indonesia yang cukup aneh dinilai oleh orang luar. Tapi ini tidak aneh, kita saja warga Indonesia kadang suka tidak habis pikir dengan beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang Indonesia. Tidak semua, tapi cukup banyak terjadi.

Makan Menggunakan Tangan

Mungkin buat kita sendiri masyarakat Indonesia, pasti tidak merasa aneh dengan makan menggunakan tangan. Tapi, menurut dan penilaian dari orang-orang dari luar Indonesia, ini merupakan kebiasaan yang tidak lazim. Karena pada dasarnya sudah diciptakan dan disediakan sendok dan garpu sebagai alat makan orang-orang, tapi kenapa orang Indonesia tetap memilih makan menggunakan tangan. Banyak masyarakat Indonesia mengatakan makan dengan menggunakan tangan lebih nikmat. Mungkin ini juga karena sudah menjadi tradisi ya. Apalagi dari tangan ibu, rasanya seperti lebih enak aja makanan. Tapi esensi nikmat ini tidak berlaku bagi para tourist. Bisa jadi karena mereka yang tidak terbiasa.

Tidak Makan Nasi Putih = Belum Makan

Di Indonesia ini menjadi hal yang lumrah, karena nasi putih sudah menjadi makanan utama masyarakat. Indonesia yang juga merupakan salah satu negara yang menyuport beras terbanyak di dunia. Jadi tak heran kalau nasi putih menjadi makanan utama rakyat Indonesia. Karena nasi mengandung karbohidarat yang tinggi, yang dimana karbohidrat sendiri menjadi salah satu sumber utama energi manusia untuk beraktifitas. Sehingga nasi putih ini cocok dikonsumsi kapan saja, baik sebagai sarapan, makan siang atau makan malam.

Di negara asia lainnya nasi putih juga banyak dikonsumsi sebagai teman makan dengan lauk pauk. Tapi kalo di Indonesia sendiri, mungkin sudah bukan lagi teman makan dengan lauk, bahkan nasi putih menjadi keharusan. Jadi walaupun sudah makan mie, roti atau makanan lainnya selain nasi, walaupun dalam porsi yang banyak, untuk sebagian besar rakyat Indonesia, itu sama aja gak makan, itu hanyalah sekedar ngemil. Makanya harus makan nasi putih dulu baru bisa dikatakan sudah makan. Bahkan beberapa orang makan mie dengan nasi putih, yang menjadi hal yang tidak biasa dinilai oleh tourist luar.

Orang Indonesia Kuat Jongkok

Untuk tourist luar apalagi bule, banyak yang heran dengan kebiasaan satu ini. Walaupun buat kita masyarakat Indonesia ini adalah hal yang biasa, tapi siapa sangka ini malah menjadi hal yang dipandang aneh. Ya mungkin karena di Indonesia yang dari dulu menggunakan toilet jongkok, sehingga dari dulu orang Indonesia sudah terlatih jongkok lama sampai menjadi kebiasaan sampai saat ini, walaupun tak harus saat buang air ya. Dan sampai sekarang ini, masih banyak toilet jongkok yang bisa temui, baik di kota atau pedesaan.

Tourist atau bule kadang suka terheran-heran dengan oran Indonesia yang biasa jongkok bahkan dalam waktu lama. Jika mereka bule disuruh jongkok pasti tidak tahan lama-lama, karena akan merasakan keram. Bahkan ada yang lain sudah disediakan kursi atau tempat duduk, tapi orang Indonesia lebih memilih jongkok, karena alasan lebih nyaman atau sudah biasa.

Ini beberapa kebiasaan orang Indonesia yang dianggap unik oleh para tourist. Walaupun menurut kita rakyat Indonesia, ini biasa-biasa saja. Sudah menjadi hal umum disini. Tapi belum tentu bagi yang lain. Sebenarnya setiap negara mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang bisa dibilang unik bagi kita rakyat Indonesia, karena beberapa kebiasaan tersebut tidak biasa di lakukan di sini.

Post Author: admin