Jarang Terkena Sinar Matahari? Ini Akibatnya!

Paparan cahaya sinar matahari itu dapat berpengaruh dan memberikan dampak baik atau buruk kepada kesehatan kita loh, dan jika untuk hal baiknya adalah selama 15 menit kamu berjemur di bawah matahari maka kamu bisa memperoleh vitamin D dan ini umum diketahui banyak orang. Akan tetapi karena virus corona yang masih berada di luar memaksa kita semua harus berada terus di dalam rumah sehingga kita menjadi jarang terkena sinar matahari lagi, pertanyaannya adalah apakah ada dampak buruknya?

Tidak ada salahnya keluar sebentar di depan rumah atau pergi ke loteng maupun membuka jendela rumahmu untuk meraih cahaya sinar matahari di pagi hari karena itu sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk mendorong kesehatan tubuh. Namun sebaliknya jika tubuh kamu semakin jarang mendapatkan paparan matahari maka beberapa gangguan kesehatan ini dapat kamu alami loh, simak disini ya guys!

1. Naiknya berat badan dengan mudah

Tubuh juga memerlukan yang namanya nutrisi bernama nitrat oksida yang hanya khusus bisa didapatkan melalui matahari, gunanya nutrisi ini adalah membantu proses metabolisme pada tubuh agar semakin lancar kemudian menahan atau mengatur nafsu makan kita. Sebuah studi telah berhasil membuktikan bahwa paparan sinar UV yang diperoleh dari matahari dapat memperlambat kenaikan berat badan kita serta menghindari tubuh kita terjadi diabetes.

2. Tulang dan otot pada tubuh kita mudah merasa nyeri dan sakit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa vitamin D diperoleh melalui cahaya matahari dan vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan tulang kita sehari-hari, maka jika kamu mengalami kekurangan pasokan vitamin D dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan mudah merasa nyeri yang bahkan otot juga terseret dengan rasa sakit dan terasa kaku.

3. Mengalami insomnia saat ingin tidur di malam hari

Kebanyakan menghabiskan waktu di dalam ruangan ditemani cahaya lampu yang merupakan buatan manusia kemudian cahaya dari layar gadget kita lebih beresiko membuat seseorang terkena insomnia dibandingkan kamu terkena cahaya sinar matahari karena merupakan sumber cahaya alami.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *