Inilah Yang Terjadi Bila Tubuh Kehilangan Oksigen!

Kita tahu betul bahwa oksigen adalah hal paling penting yang diperlukan oleh setiap makhluk hidup khususnya kita manusia untuk dapat hidup di dunia, dan bumi kita ini termasuk sangat kaya akan oksigen, serta hidrogen lalu helium dan bila oksigen di bumi ternyata habis maka seluruh kehidupan bisa dikatakan mati karena setiap detiknya oksigen terus bekerja di dalam tubuh kita.

Peran oksigen memang sangat besar bagi manusia dan bahkan diperlukan dalam jumlah banyak untuk proses bekerja tubuh kita ini, jadi apakah yang terjadi bila manusia sendiri sudah kehilangan oksigen contohnya adalah ketika kita tenggelam di dalam air dan tidak menerima pasokan udara untuk bernafas lagi, maka apa yang akan terjadi? simak berikut beberapa hal yang akan dialami tubuh setelah kehilangan oksigen!

1. Mulai dari oksigen yang terlalu sedikit di dalam tubuh dibandingkan biasanya

Penjelasan pertama ini ketika oksigen dalam darah hanya berkurang dari biasanya dan bukan hilang sama sekali, maka tubuh biasanya akan mengalami ketidakstablian di berbagai organ tubuh dan biasanya ini diistilahkan sebagai hipoksemia dalam sebutan kesehatannya. Tubuh akan mengalami gejala seperti pusing atau sakit kepala, nafas yang berat dan sesak kemudian batuk-batuk dan detak jantung lebih cepat dari normalnya.

2. Oksigen berkurang maka akan menyebabkan kinerja otak menurun secara signifikan

Oksigen sangat penting bagi fungsi otak kita untuk bekerja dan memproses segala sesuatu di tubuh kita, dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kehilangan oksigen tersebut membuat fungsi otak akan menurun dan tidak bekerja maksimal lagi sehingga glukosa yang seharusnya menjadi energi di dalam tubuh manusia tidak dapat diproses lagi karena metabolisme tubuh menurun karena otak yang tidak bekerja baik, sedangkan otak harus mendapat bahan bakar oksigen untuk bekerja.

3. Sampai kapan tubuh bisa bertahan tanpa oksigen?

Tubuh hanya maksimal bisa menahan tanpa oksigen selama 3 menit saja dan itu sudah menyebabkan hal fatal karena ada resiko seperti kerusakan pada sel otak serta neuron sangat mungkin terjadi, efek selanjutnya adalah kehilangan kesadaran dan butuh perawatan medis segera. Setelah 5 menit tidak mendapat pasokan oksigen maka sel otak dengan cepat mati dan kehilangan nyawa bukan hal mustahil lagi.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *