Bagaimana Sistem Imun Melawan Corona? Ini Penjelasannya!

Ketakukan pada virus corona masih berlangsung, dan tentu saja virus yang hanya memiliki ukuran mikro sehingga tidak terlihat oleh mata kita ini sedang menyebar dimana-mana dan tidak menutup kemungkinan siapa saja dapat terkena dampak dari virus berbahaya ini. Ketika virus sudah berhasil memasuki jaringan tubuh kita maka secara alami tubuh akan merasakan hal yang tidak enak bahkan jatuh sakit dan mengalami banyak hal yang buruk pada tubuh.

Satu-satunya yang menjadi senjata bagi manusia untuk melawan virus kecil dan berbahaya ini adalah dengan sistem imun tubuh melalui mekanismenya dapat mengenali virus, mencegah atau memberantas virus secara langsung dan tempat utama untuk bereaksi terlebih dahulu terhadap virus yang masuk ke dalam tubuh. Lalu bagaimana cara atau proses sebenarnya sistem imun tubuh ini pada suatu virus? simak disini penjelasannya sampai selesai ya!

1. Mulai dari virus yang masuk dalam tubuh maka sistem tubuh akan mencari tahu dulu letak sel yang terinfeksi

Virus yang berhasil masuk ke dalam tubuh cenderung dapat merusak sel tubuh terutama pada bagian inangnya dan disinilah sistem akan mencari tahunya terlebih dahulu di bagian tersebut dengan cara membuka sel serta menunjukkan protein pada sel itu untuk tahu apa yang sedang terjadi dan begitulah proses pertama sistem imun tubuh untuk mengenal virus dahulu.

2. Setelah mengenal apa virus itu, sistem akan mulai bekerja mencari penangkalnya

Ketika sudah mengenal dengan jenis virus itu maka sistem akan memaksimalkan kinerjanya untuk mengeluarkan sel T agar mengelilingi sel yang terinfeksi virus tadi dan kemudian membunuhnya secara langsung agar virus tidak sempat berkembang dan membuat rumah lainnya untuk memperburuk kondisi tubuh.

3. Ada virus yang cerdas dan bisa menyembunyikan diri dari sistem

Virus itu punya kecerdasan dan bisa menipu sistem jadi terkadang virus yang sudah berhasil masuk dapat bersembunyi dan tidak terjangkau dari deteksi sistem imun tubuh, dan lebih buruknya ada virus yang mampu menyamar menjadi sel baik itu sendiri. Biasanya disini usaha dari sistem adalah mengeluarkan senjata seperti NK sel yang merupakan sel pembunuh alami yaitu kemampuannya adalah mengeluarkan racun khusus untuk membunuh sel yang terinfeksi virus meskipun virus itu sendiri sudah menyamar sebelumnya pasti akan terdampak racun tersebut dan mati.

Post Author: admin