3 Langkah Untuk Terlepas Dari Ketergantungan Kopi

Mengkonsumsi secangkir kopi di pagi hari, es kopi capucino di siang hari, dan tak lupa latte hangat di malam hari sambil duduk di kedai kopi. Gaya hidup ini sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Indonesia, terutama pemuda pemudi milenial yang di kenal selalu sibuk dengan kegiatannya.

Masyarakat kita sanggup menghabiskan kopi sebanyak 276 juta kilogram setiap tahunnya, menurut data yang di rilis International Coffe Organization (ICO) pada tahun 2018. Meski kopi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, mengkonsumsi kopi dengan jumlah yang berlebihan maka akan memberikan dampak yang bruk pula untuk kesehatan.

Menurut NPR , mengkonsumsi empat cangkir kopi dalam satu hari sudah termasuk dalam konsumsi kopi yang berlebih. Kopi mengandung zat adiktif yang di mana zat ini akan membuat orang yang mengkonsumsinya akan memiliki ketergantungan. Tubuh akan terasa lemas dan mengantuk saat tidak mengkonsumsinya.

Lantas bagai mana cara yang tepat untuk bisa terlepas dari ketergantungan kopi dan menjadi penikmat kopi yang baik? Ini beberapa cara yang mestinya akan membantu kamu untuk terlepas dari ketergantungan kopi.

1. Memberi keyakinan terhadap diri sendiri bahwa kamu tidak memerlukan kopi

Sebenarnya kandungan zat adiktif dalam kopi tidak sebanding dengan zat adiktif yang terkandung dalam nikotin dan alkohol. Terkadang hal yang membuat kita sulit untuk terlepas dari rasa ingin minum kopi adalah diri sendiri. Jadi hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghentikan minum kopi terus menerus adalah dengan meyakinkan diri sendiri bahwa kami tidak memerlukan kopi.

2. Mengurangi jumlah konsumsi kopi harian kamu

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi jumlah konsumsi kopi kamu. Jika dalam sehari biasanya kamu minum hingga empat cangkir kopi, maka kamu harus mencoba untuk menguranginya menjadi tiga cangkir dan terus di kurangi di setiap minggunya.

Tapi kamu harus ingat, jangan langsung menghentikan total konsumsi kopi kamu. Sebab tubuh kamu akan merasa lemas karena tidak ada Doping yang masuk ke tubuh kamu.

3. Mengatur jam tidur yang baik

Pada dasarnya seseorang akan minum kopi jika mendapati dirinya sedang mengantuk. Untuk mengatasi masalah ini tanpa harus mengkonsumsi kopi, kamu bisa coba untuk mengatur jam tidur kamu agar mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas.

Kamu bisa membiarkan tubuh kamu untuk tertidur lelap semalaman minimal 7 jam perhari, maka saat bangun di pagi hari tubuh kamu akan terasa segar dan kamu bisa beraktivitas dengan normal tanpa harus minum kopi.

Post Author: admin